Tuesday, December 13, 2016

Apa Itu Arti Kepemimpinan dan Bagaimana Karakteristik Pemimpin yang Baik

Pengertian Kepemimpinan Menurut para Ahli

Ada banyak definisi atau pengertian kepemimpinan. Collins English dictionary mendefinisikan kepemimpinan sebagai "pimpinan partai atau grup." Namun pengertian kepemimpinan yang sebenarnya jauh lebih dari itu. Pemimpin bisa jadi CEO sebuah organisasi atau pun karyawan yang memimpin tim nya. Seorang pemimpin tidaklah hanya yang diakui secara resmi dengan memiliki otoritas dan kekuasaan, namun dapat juga yang memimpin diri sendiri.

Pemimpin sangat dibutuhkan disetiap jenjang organisasi. Pemimpin tidak harus orang yang menyandang huruf "C" (chief) di awal nama posisi pekerjaanya. Arti pemimpin lebih luas dari hanya orang yang berada di posisi management, semua orang yang memiliki pengikut disebut pemimpin.

Lantas apa pengertian kepemimpinan? Salah satu definisi keren nya yaitu sebagai berikut:

"Kepemimpinan adalah suatu seni memimpin orang lain untuk menciptakan hasil yang tidak akan terjadi tanpanya."

Hal ini tidak hanya dilihat dari hasilnya saja yang membuat suatu kepemimpinan itu baik. Para pemimpin yang baik harus mampu menciptakan hasil yang hebat dengan tetap melibatkan bantuan orang lain. Mereka dapat membuat perusahaan-perusahaan gagal menjadi masuk ke dalam Fortune 500, mereka dapat mengubah budaya dari perusahaan. Kepemimpinan yang baik adalah kunci penting keberhasilan suatu perusahaan ataupun organisasi.

KARAKTERISTIK SEORANG PEMIMPIN YANG BAIK

Apa yang membuat seorang pemimpin yang baik? Berikut adalah beberapa karakteristik yang paling penting untuk mereka:

Kesadaran diri

Anda memiliki pengetahuan yang mendalam tentang emosi anda pribadi. Anda tahu kekuatan dan kelemahan-kelemahan Anda. Anda tahu ketika Anda bekerja secara menyenangkan dan Anda tahu kapan Anda bekerja berlebihan. Anda tahu sendiri kemampuan Anda dan keterbatasan Anda, yang memungkinkan Anda untuk dapat mendorong diri Anda ke potensi maksimal yang dapat Anda lakukan.

Kontrol diri sendiri

Anda dapat mengarahkan diri sendiri secara efektif. Anda tahu bagaimana cara membuat sesuatu pekerjaan menjadi selesai, bagaimana cara untuk mengatur tugas dan bagaimana untuk menghindari penundaan. Anda tahu bagaimana cara menciptakan semangat yang tinggi dan tau cara menenangkan diri sendiri ketika sedang marah. Anda dapat membuat keputusan secara cepat bila diperlukan, tetapi juga bisa memperlambat untuk mempertimbangkan semua pilihan yang ada.

Visi

Anda bekerja untuk mencapai suatu tujuan yang lebih besar dari diri sendiri. Ini bisa menjadi sesuatu yang kecil, seperti keberhasilan tim, atau visi yang besar seperti perdamaian dunia. Bekerja karena visi lebih menginspirasi daripada bekerja hanya untuk keuntungan pribadi.

Kemampuan untuk memotivasi

Para pemimpin tidak hanya memimpin dengan cara memberitahu orang apa yang harus orang lakukan. Namun sebaliknya, pemimpin harus dapat menyebabkan orang dengan sendirinya mau untuk membantunya. Pada intinya adalah bagaimana cara anda untuk dapat membantu mereka, sehingga ketika mereka merasa anda ingin membantu mereka maka mereka akan membantu anda.

Kesadaran sosial

Mengerti sistem sosial dan pengaruh utama dalam sistem sosial adalah bagian penting yang lain dari kepemimpinan. Siapa di organisasi yang memiliki pengaruh paling baik secara resmi maupun tak resmi. Siapa dan apa yang dapat menggerakkan hati suatu kelompok.

Sifat diatas merupakan beberapa karakteristik yang paling penting dari para pemimpin yang baik.

BAGAIMANA DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN

Pemimpin menggunakan pengaruh mereka untuk memastikan bagi tim, organisasi atau komunitas yang dipimpinnya mencapai tujuan yang ingin dicapai. Pengaruh mereka dapat berupa karisma, pemberdayaan, delegasi, atau berpikir strategis.

Pemimpin karismatik

Pemimpin karismatik cenderung stereotip dari seorang pemimpin yang banyak kita bayangkan. Mereka memiliki kepribadian yang energik dan penuh gairah yang membuat orang lain berusaha untuk menyenangkan mereka atau dekat dengan mereka. Mereka bagus untuk dapat membuat tim melakukan tindakan. Pemimpin ini lebih inovatif dan lebih memperdulikan hasil dari kepribadian tim. Cara untuk masalah dan membuat prosesnya menjadi lebih baik adalah sesuatu yang mendorong mereka. Saat kepribadian mereka tidak dapat digunakan sebagai magnet, mereka akan mengembangkan ide-ide yang membawa organisasi ke sesuatu baru dan menarik.

Pemimpin demokrasi

Pemimpin yang demokrasi hebat dalam membuat setiap anggota timnya merasa berharga. Mereka mempertimbangkan masukan setiap orang dan memastikan bahwa semua orang tahu bahwa mereka memiliki kepemilikan terhadap organisasi. Para pemimpin ini membuat tenaga kerja yang terikat bersama lebih dari umumnya, mengembangkan tenaga kerja yang berdedikasi yang didorong lebih dari hanya masalah keuntungan finansial.

Pemimpin bergaya komandan

Pemimpin dengan gaya komandan melempar jauh karisma dan demokrasi. Kepribadian kuat ini adalah sumber daya vital dalam masa krisis organisasi. Karena pandangan mereka sungguh-sungguh, Mereka menuntut tingkat kepatuhan ketat terhadap peraturan dan standar dari tim yang mereka buat sendiri.

Pemimpin laissez Faire

Pemimpin laissez-faire mengambil pendekatan lepas tangan. Hal ini memungkinkan para pengikut mereka untuk menetapkan aturan sendiri dan membuat keputusan tanpa banyak petunjuk atau arahan. Ada pro dan kontra untuk gaya ini, tim yang sudah lama terbentuk yang tidak memerlukan banyak intervensi, atau tim baru yang perlu membentuk cara mereka sendiri tetap dapat sukses dengan gaya kepemimpinan seperti ini.

Hal yang paling penting untuk memahami tentang gaya kepemimpinan yang berbeda ini adalah bahwa setiap satu dari mereka memiliki saat yang efektif di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk menjadi seorang pemimpin besar, anda harus mampu memiliki sifat setidaknya sedikit dari setiap jenisnya.

BONUS : Kecerdasan emosional dan kepemimpinan

Kebanyakan sifat-sifat ini terkait langsung kedalam kecerdasan emosional (EQ). Pemimpin dengan EQ tinggi secara intrinsik lebih sadar diri. Mereka memahami proses mental mereka dan tahu bagaimana untuk mengarahkan diri sendiri. Mereka lebih banyak tersentuh dengan apa yang mereka sukai. Mereka secara alami lebih memperdulikan orang lain dan menerima banyak kasih sayang sebagai imbalan nya. Mereka lebih bersosial.

Kepemimpinan lebih tentang "soft skill" dari pada keterampilan "hard skill". Seorang pemimpin yang memahami inti suatu masalah. Namun juga pemimpin yang bisa membuat orang lain melakukan tugasnya dengan sebaik baiknya yang akhirnya menghasilkan suatu organisasi yang hebat.

Apa yang membuat pemimpin itu hebat menurut anda? silahkan tinggalkan komentar. Mari sharing dengan orang lain.

Berikut merupakan beberapa artikel yang dapat dijadikan tambahan referensi anda:
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk rekan anda silahkan share artikel berikut di situs sosial media faforit anda.


EmoticonEmoticon