Monday, December 19, 2016

9 Pelajaran Sukses dari Simon Sinek

Perusahaan-perusahaan Fortune 500, pemerintah Amerika Serikat, Perserikatan Bangsa-bangsa, dan beberapa personel militer mengikuti prinsip-prinsip yang tidak konvensional tentang kebijaksanaan dan kepemimpinan dari Simon Sinek. Sinek membuat penemuan di tahun 2005 yang sangat mengubah pandangan berpikirnya tentang bagaimana cara dunia bekerja dan cara ia beroperasi. Penemuan ini adalah tentang mengungkap suatu pola bagaimana cara semua pemimpin besar berfikir, bertindak dan berkomunikasi yang merupakan kebalikan dari cara orang lain.

Seminar Sinek's di TEDx pertama kali dengan judul "How greate leader inspire action" adalah video ke 3 paling banyak ditonton di TED.com. Pada tahun 2011, Sinek merilis bukunya "Start with why". Bukunya berbicara tentang bagaimana pemimpin besar menginspirasi semua orang untuk melakukan sesuatu.

9 Pelajaran Sukses dari Simon Sinek


Berikut adalah 10 hal yang perlu dipelajari dari Simon Sinek, penulis buku best seller, pembicara terkenal untuk pengusaha.

1. DIMULAI DENGAN MENGAPA

Simon Sinek menunjukkan bahwa semua orang dalam suatu organisasi tahu "APA" yang mereka lakukan. Beberapa tahu "BAGAIMANA" mereka melakukannya. Namun, sangat sedikit tahu "MENGAPA" mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Dia menunjukkan bahwa alasan tidak bisa digunakan untuk membuat keuntungan. Ialah hasil, dan akan selalu hasil yang berpengaruh, menyediakan sesuatu yang bernilai.
Dengan bertanya "Mengapa" berarti bertanya, Apakah tujuan Anda? Apakah penyebabnya? Apakah yang Anda yakini? Mengapa organisasi Anda muncul? Mengapa Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari dan mengapa orang harus peduli?

2. JELAS, DISIPLIN DAN KONSISTEN

"Orang-orang tidak membeli"apa"yang Anda lakukan tetapi mereka membeli karena "Mengapa" Anda melakukannya"
Jika Anda tidak tahu MENGAPA Anda melakukan APA yang Anda lakukan, bagaimana dengan orang lain? Memiliki kejelasan adalah apa memungkinkan pemimpin-pemimpin besar untuk mengartikulasikan "MENGAPA" tentang organisasi mereka. Itu ada di luar produk dan layanannya. Pertama untuk karyawan mereka, dan kemudian untuk pelanggan mereka.
Untuk dapat memimpin Anda membutuhkan orang-orang yang mau untuk mengikuti. Hal ini membutuhkan sesuatu yang lebih besar daripada diri sendiri. Untuk menginspirasi orang lain untuk mengikuti, mulailah dengan memiliki kejelasan tentang mengapa anda melakukannya.

3. ISILAH AMBISI ANDA DENGAN DUKUNGAN DARI ORANG LAIN

Simon mengingatkan kita bahwa saat kita jatuh namun ada orang lain yang bersedia untuk menangkap kita maka akan meningkatkan keberanian kita untuk mengambil lebih banyak resiko dan tidak takut untuk membuat kesalahan.
Semua pemimpin harus memiliki keberanian, tetapi "keberanian tidak hanya karena berasal dari diri sendiri namun juga karena adanya dukungan dari orang lain," Simon. Keberanian melahirkan inspirasi. Sebagai pemimpin jika Anda bertindak dengan keberanian maka pada akhirnya hal ini akan menginspirasi orang-orang dalam organisasi Anda bertindak berani.

4. KOMUNIKASI TIDAK MENGENAI BERBICARA TETAPI TENTANG MENDENGARKAN

Hampir semua perusahaan memiliki logo, tetapi hanya beberapa yang dapat mengubah logo mereka menjadi simbol-simbol yang bermakna. Sebagian besar perusahaan tidak tau bagaimana cara berkomunikasi tenta apa yang mereka percaya.
Tanpa kejelasan dari "MENGAPA", maka sebuah logo tidak akan lebih dari itu.

5. PEMIMPIN MEMERLUKAN PENGIKUT

Menjadi pemimpin itu artinya anda memerlukan orang-orang untuk mengikuti Anda. Suatu kepercayaan perlu ditunjukkan sebelum orang akan memutuskan untuk mengikuti Anda. Kepercayaan tidak muncul ketika pelanggan membuat keputusan untuk membeli sesuatu dari anda. Kepercayaan bukan suatu list daftar. Memenuhi tanggung jawab Anda tidak menunjukkan kepercayaan.
Kepercayaan adalah sesuatu yang mulai muncul ketika kita merasa bahwa orang lain atau organisasi didorong oleh hal lain selain keuntungan sendiri. Anda harus mendapatkan kepercayaan dengan berkomunikasi dan mendemonstrasikan bahwa Anda berbagi nilai-nilai yang sama dan keyakinan.

6. MELAYANI ORANG LAIN

Menjadi seorang pemimpin besar adalah sama seperti menjadi orang tua. Yaitu sama seperti saat kita memberikan anak-anak kita kesempatan untuk membangun kepercayaan diri, pendidikan dan semua disiplin ilmu jika perlu, sehingga mereka dapat mencapai hal-hal yang lebih tinggi dari yang bisa kita bayangkan.
Kepemimpinan bukanlah suatu peringkat. Orang-orang yang memiliki otoritas, itu tidak membuat mereka menjadi seorang pemimpin. Ada orang yang tidak memiliki otoritas tetapi mereka adalah pemimpin.

7. PEMIMPIN BESAR ADALAH SESEORANG YANG PANDAI MELIHAT SESUATU YANG ORANG LAIN TIDAK LIHAT

Dalam bukunya sinek mengutip Henry Ford yang menemukan sistem industri modern tentang bagaimana meningkatkan produksi. Dia memperbaiki industri otomotif dan membuat orang percaya bahwa mobil merupakan suatu item yang orang perlukan. Jika Ford bertanya saat itu maka orang akan berkata bahwa mereka memerlukan kuda yang cepat, karena orang belum memiliki pengalaman dengan mobil.

8. MENYEDIAKAN TEMPAT KERJA YANG NYAMAN

Merupakan tugas pemimpin untuk menyediakan tempat kerja yang nyaman. Budaya tempat kerja yang nyaman tidak muncul begitu saja, ia dibuat. Banyak orang membicarakan tentang pentingnya budaya namun tidak terlihat adanya orang yang fokus untuk melakukannya. Relationship adalah kekuatan dari pengalaman manusia dan secara tidak sadar kita ingin peduli dengan sesama dan mau memperbaiki dan meningkatkannya. Pemimpin besar membuat lingkungan dimana orang merasa aman untuk mengekspresikan ketakutannya, kepeduliannya dan kelemahannya.

9. DEFENISIKAN KEPEMIMPINANMU DENGAN KEBIJAKAN

Title yang bagus, ruangan yang bagus mungkin menunjukkan otoritas, tetapi tidak memberikan garansi bahwa anda adalah pemimpin. Tidak ada seminar atau sertifikasi yang mengumumkan bahwa anda adalah pemimpin. Promosi tidak serta merta membuat anda menjadi pemimpin. Kepemimpinan memerlukan skill yang artinya memerlukan latihan dan keberanian. "Jika anda memiliki keberanian anda bisa memimpin saya dan saya akan mengikuti anda."

Berikut beberapa artikel yang mungkin dapat membantu referensi anda:
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk rekan anda silahkan share artikel berikut di situs sosial media faforit anda.


EmoticonEmoticon