Wednesday, December 14, 2016

5 Penghalang Untuk Menjadi Pemimpin Besar

5 Penghalang Untuk Menjadi Pemimpin Besar

Hambatan atau penghalang untuk menjadi pemimpin hebat dapat terjadi karena orang lain atau karena diri sendiri. Penghalang yang dihadapi dapat berupa banyak hal. Suatu penghalang yang kita miliki harus segera kita cari solusinya supaya kita dapat menyampaikan informasi pengetahuan dengan baik serta mengutarakan gagasan. Banyak pemimpin bagus mengalami masalah  karena mereka gagal untuk mengenali hambatan yang ia ciptakan karena kurang perhatiannya terhadap hal yang mendetail. Namun, dengan sedikit kesadaran diri hambatan dapat dengan mudah dihilangkan dan fokus kita dapat dikembalikan.

KESOMBONGAN

Meskipun keyakinan merupakan hal yang penting, jika terlalu berlebihan justru merupakan kesombongan. Jika Anda adalah seorang pemimpin Anda akan diminta untuk menggunakan rasa percaya diri Anda untuk mempengaruhi orang lain dan untuk mengutarakan ide-ide. Informasi ini harus disampaikan dalam bentuk inspirasi yang mendorong dan memotivasi orang lain. Keyakinan memiliki kecenderungan untuk meningkat jika tidak dikelola dengan baik, dan ketika hal ini terjadi kesombongan mengambil alih dan mulai menyebabkan masalah.

Kesombongan akan menyebabkan seorang pemimpin tidak lagi menghormati timnya, dan dapat berdampak secara individual dalam bentuk hal yang negatif. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat memahami dan belajar bagaimana menyeimbangkan kepercayaan diri dengan skill kepemimpinan lainnya. Hal ini dilakukan jika pemimpin tersebut ingin menjadi yang terbaik yang dapat ia lakukan.

TIDAK DAPAT DIPERCAYA

Tanpa kepercayaan sangat sulit bagi seorang pemimpin untuk mencari dan mendapatkan orang yang dapat melakukan hal-hal yang ia perintahkan. Seorang pemimpin harus menyampaikan pengetahuan, informasi dan ide-ide dengan cara yang menunjukkan kejujuran dan integritas. Jika orang lain tidak percaya terhadap pemimpinnya maka mereka akan menjadi resisten terhadap apa pun yang pemimpin mereka tunjukkan.

Untuk dapat memotivasi dan mengilhami orang lain, seorang pemimpin harus dapat dipercaya. Hal ini mudah dicapai jika ia dapat bersikap jujur di setiap saat.

TIDAK TERORGANISASI

Tim akan melihat dan menjadikan pemimpin mereka sebagai contoh bagaimana melakukan sesuatu hal. Jika seorang pemimpin terus-menerus bekerja secara panik dan hanya sedikit yang dilakukan, atau gagal untuk mengkonversi niat menjadi tindakan, menciptakan keadaan yang tidak teratur seperti ini dapat menghambat kemajuan. Cara kerja tidak teratur akan menyebabkan stres dan frustrasi dan berdampak pada semua anggota tim.

Seorang pemimpin harus mampu mengatur jadwal mereka sehingga mendorong orang lain untuk mengikutinya sebagai contoh. Dengan melakukannya secara terorganisasi akan menunjukkan keterampilan dan kemampuan manajemen seorang pemimpin.

BERPIKIR NEGATIF

Seorang pemimpin yang berpikiran negatif dengan mentalitas yang buruk tidak akan membangkitkan keyakinan bagi orang-orang di dekatnya. Menjadi positif mengenai pekerjaan, informasi atau ide-ide yang diberikan oleh seorang pemimpin sangat penting karena hal ini akan berdampak pada motivasi dan inspirasi bagi yang dipimpinnya.

Seorang yang berpikiran positif dapat memimpin sebuah tim untuk melakukan apa yang harus dilakukan dan sikap percaya dirinya akan mendorong komunikasi dan kemajuan yang baik. Seorang pemimpin yang berpikiran negatif di sisi lain akan sulit mempengaruhi tim untuk memotivasi untuk bergerak maju.

KERAS KEPALA

Meskipun pemimpin umumnya yang akan memutuskan diakhir keputusan, menjadi terlalu keras kepala dalam membuat keputusan tidak menningkatkan hubungan kerja yang baik dengan orang lain. Seorang pemimpin harus mampu menciptakan keseimbangan antara mendengarkan dan menyampaikan informasi, dan juga harus dapat menyeimbangkan perspektif diri sendiri dan orang lain. Seorang pemimpin yang percaya bahwa mereka tahu yang terbaik dan menolak untuk mendengarkan pandangan orang lain akan sulit untuk mendapatkan dukungan dari orang lain.

Jadi bagaimana menurut anda, sudahkan anda mengatasi penghalang-penghalang diatas atau anda memiliki pendapat yang berbeda. Silahkan tinggalkan komentar dan pastikan anda mengingat 5 hal diatas dan menghindarinya mulai sekarang. Selamat berusaha dan menjadi pemimpin besar.

Artikel referensi untuk anda:
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk rekan anda silahkan share artikel berikut di situs sosial media faforit anda.


EmoticonEmoticon