Wednesday, December 14, 2016

8 Tips untuk Mengubah Ide Cemerlang Menjadi Startup yang Sukses

Pernah merasa mendapatkan ide inspirasi untuk memulai bisnis baru? Ini dapat terjadi di mana saja, saat Anda berada di tempat kerja, berada di luar rumah atau ketika di kamar mandi. Mendapatkan ide dan mengubahnya menjadi sesuatu yang nyata bisa menjadi prospek yang menarik. Mungkin ada banyak pertanyaan yang terbang di dalam kepala Anda, apakah ide saya cukup baik? apakah saya mampu melakukannya di waktu luang saya? Apakah saya akan melakukannya sendiri? Apakah ada orang lain yang pernah melakukannya sebelumnya, dll

 8 Tips untuk Mengubah Ide Cemerlang Menjadi Startup yang Sukses


Berikut adalah 8 tips yang akan membantu pengusaha membawa startup mereka ke tingkat berikutnya

1. MENCARI TAU APAKAH IDE ANDA UNIK

Misalnya anda menemukan sesuatu yang orang lain tidak terpikirkan? Pastikan Anda melakukan penelitian untuk mencari tau apakah itu benar. Jika ide Anda merupakan produk baru, Anda dapat mencari tau apakah ada yang pernah mematenkannya untuk memastikan hal itu. Beberapa penelitian sederhana dengan google misalnya, juga akan membantu memberi penjelasan apakah orang lain pernah melakukan hal itu. Jika Anda menemukan hal itu jangan menyerah. Lakukan beberapa analisis data dan Lihat jika Anda bisa melakukannya lebih baik atau dengan melakukan pendekatan yang berbeda. Mungkin ada bisnis serupa yang ada di negara lain tetapi Anda membutuhkan layanan lokal. Catatlah apa yang pesaing anda lakukan dengan baik dan cari tau apa yang bisa diperbaiki. Kini Anda telah mengidentifikasi adanya celah untuk ide yang baru.

2. LAKUKAN RISET PASAR 

Sekarang anda sudah mengidentifikasi sesuatu yang orang lain belum pernah lakukan namun maukah orang lain membeli produk anda? Adalah penting bagi produk anda untuk memenuhi dan teridentifikasi dibutuhkan atau memecahkan masalah orang. Melakukan riset pasar secara menyeluruh memberikan bisnis baru seperti Anda kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan posisi produk dan layanan kepada konsumen Anda. Cara sederhana untuk memulai hal ini adalah dengan melakukan riset misalnya melalui perpustakaan.

3. MULAILAH DENGAN RENCANA TERSTRUKTUR YANG BAIK

Perencanaan dan strategi adalah kunci ketika anda ingin membangun sebuah startup. Memiliki rencana yang baik sebelum memulai sesuatu dapat menghemat waktu dan uang.
Sebelum mengubah ide menjadi sebuah produk, penting untuk mempertimbangkan tiga elemen kunci yaitu

  • Nilai dari produk kunci anda
  • Bagaimana produk Anda tahan uji terhadap pasar
  • Bagaimana membangun dan memetakan jalan untuk kedepannya.

4. MENGETAHUI APAKAH PRODUK ANDA "BAGUS UNTUK DIMILIKI" ATAU "HARUS DIMILIKI"

Menjadi hal yang lumrah bagi pendiri startup untuk menyukai ide mereka, tapi bagaimana mereka tahu jika pengguna mereka akan melakukan hal yang sama? Berbicara dengan calon pelanggan adalah satu-satunya cara untuk menentukan bagaimana performa produk anda di pasar.
Pengusaha harus menentukan target pasar serta pengguna yang ideal atau cocok yaitu dengan berbicara kepada pelanggan, mendapatkan saran dan masukan dan memikirkan cara untuk mengembangkan produk dengan cara berpikir para pengguna. Hal ini memungkinkan pendiri startup untuk mempersempit target pasar dan sepenuhnya memahami basis pengguna mereka sebelum membangun produk mereka. Hal ini merupakan faktor yang penting untuk dapat menyebabkan peluncuran produk menjadi sukses.

5. MEMAHAMI FITUR PENTING DARI PRODUK ANDA SEJAK AWAL

Hal ini biasa dilakukan oleh para pendiri startup yaitu dengan terjebak pada idenya dan membangunnya hingga sempurna. Proses ini memakan waktu dan biaya.
Sebelum memulai, lebih baik untuk memahami benar produk layak minimal ("MVP"), yaitu fitur-fitur paling penting dari produk Anda. Membangun suatu produk awal yang diperlukan pengguna anda akan membantu mengurangi biaya dengan memungkinkan pengusaha untuk membuat keputusan tentang peluncuran, pemasaran dan komunikasi produk mereka kepada publik.

6. BELAJAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI AREA BERMASALAH DARI KONSEP DAN MODEL ANDA

Mampu mengidentifikasi area bermasalah dari konsep dan model awal juga akan membantu pendiri membuat keputusan lebih baik ketika mereka hendak bergerak lebih jauh. Sebagai contoh, penolakan dari investor dan venture kapitalis merupakan hal yang umum di dunia startup. Namun begitu, pengusaha harus dapat mengadopsi cara berpikir, bahwa mereka dapat belajar dari kesalahan-kesalahan mereka.
Mendengar saran dan masukan dari investor yang menolak ide-ide Anda dapat membantu Anda untuk bangkit kembali. Memperbaiki produk Anda berdasarkan saran investor dan pengguna adalah cara terbaik untuk dapat membangun startup yang sukses.

7. MEMBUAT PENGGUNA MENCINTAI IDE ANDA DAN MENGUNAKAN PRODUK ANDA

Survei akhir-akhir ini mencatat bahwa rata-rata aplikasi kehilangan 77 persen dari pengguna aktif harian dalam tiga hari pertama. Dalam 30 hari, rata-rata aplikasi kehilangan 90 persen dari aktif hariannya.
Memahami 5 unsur-unsur ini akan membantu anda memastikan retensi pengguna aktif harian Anda:

  1. Bagaimana pengguna menemukan Anda?
  2. Apakah pengguna memiliki pengalaman pertama yang hebat?
  3. Apakah pengguna kembali?
  4. Bagaimana Anda menghasilkan pendapatan?
  5. Apakah pengguna memberitahu orang lain tentang produk Anda?

8. CARI TAU SEBELUM MELAKUKAN

Memiliki ide yang bagus, memiliki nama domain dan memiliki aplikasi mobile yang Anda sukai mungkin tampak seperti cara terbaik untuk bangun startup Anda dan menjalankan. Namun, memiliki rencana dan mengaturnya akan membantu memastikan bahwa produk Anda akan sukses.
Berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri mungkin terasa sangat menakutkan. Anda tidak perlu takut untuk meminta bimbingan sepanjang jalan. Menjalankan bisnis adalah kerja keras sehingga pastikan itu adalah sesuatu yang Anda sukai dan kemudian jalankanlah bisnis Anda tanpa ragu-ragu, bahkan saat mengalami kondisi yang sulit.

Artikel referensi untuk anda:
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk rekan anda silahkan share artikel berikut di situs sosial media faforit anda.


EmoticonEmoticon