Wednesday, December 14, 2016

10 Karakteristik Pengusaha Sukses di Dunia

Pengusaha sukses tidak hanya karena beruntung karena bakatnya, mereka menjalani kehidupan dan pekerjaan dengan cara yang berbeda dari pada kebanyakan orang. Ada banyak masalah dan peluang di dunia ini saat ini, dan manusia bergantung pada pengusaha untuk mendapatkan solusi dan perkembangan dalam semua aspek kehidupan.

Meskipun tidak ada suatu teori kewirausahaan yang cocok untuk semua orang, beberapa panduan tetap dapat membuat orang yang mempunyai ide menjadi pengusaha sukses.

10 Karakteristik Pengusaha Sukses di Dunia


Berikut adalah 10 ciri-ciri seorang pengusaha sukses,

1. AMBISIUS

Dan bagaimana bisa mereka tidak memiliki ini untuk dapat menjadi pengusaha sukses.
Ini berarti bahwa mereka secara aktif mencari masalah, dan memiliki ambisi untuk memperbaikinya. Melakukan hal ini membuat mereka dengan sendirinya menjadi suatu kebiasaan dan beginilah cara berpikir mereka. Banyak orang yang tidak memiliki ambisi seperti ini, dan ini adalah salah satu kualitas yang mendefinisikan pengusaha.

2. PENGAMBIL RESIKO

Pengusaha yang mengambil resiko siap untuk menghadapi masa depan yang tidak pasti. Tetapi tidak semua pengambil resiko merupakan seorang pengusaha sukses. Lantas apa yang membedakan seorang pengusaha sukses dengan pengambil resiko yang lainya? Pengusaha sukses akan mengambil resiko terhadap waktu dan uang untuk hal yang tidak diketahui, tetapi mereka juga tetap menjaga sumber daya, membuat rencana dan menyiapkan ruang untuk berurusan dengan "hal-hal yang tidak diketahui". Ketika mengevaluasi risiko, seorang pengusaha sukses akan menanyakan terhadap dirinya sendiri, apakah resiko ini akan mempengaruhi karirnya, waktu dan uang? Dan, apa yang akan dilakukan jika usaha ini gagal?

3. PERCAYA DIRI, PEKERJA KERAS DAN MENDEDIKASIKAN TERHADAP KEDISIPLINAN

Pengusaha menikmati apa yang mereka lakukan. Mereka percaya dengan diri sendiri dan mempercayakan serta mendedikasikan diri mereka untuk proyek yang mereka kerjakan. Kadang-kadang, mereka mungkin menunjukkan kekeras kepalaan mereka terhadap ide mereka. Tapi disisi lain mereka menunjukkan kedisiplinan dan dedikasi.

4. SECARA PROAKTIF MENCARI PELUANG

Salah satu hal yang mendefinisikan seorang pengusaha adalah kemampuannya untuk mencari peluang. Karena seperti inilah yang namanya pengusaha itu. Menemukan potensi masalah dan peluang serta memberikan solusi yang jelas dan nyata terhadap masalah ini.
Mengidentifikasi atau menemukan kesempatan merupakan hal yang alami bagi mereka, dan itu benar-benar merupakan bagian besar dari seorang pengusaha.

5. KEMAMPUAN BERADAPTASI DAN FLEKSIBELITAS

Memiliki semangat atau bahkan keras kepala tentang apa yang kita lakukan merupakan sesuatu yang baik. Tetapi jika bersikap tidak fleksibel terhadap klien ataupun kebutuhan pasar, maka hal ini akan meningkatkan kegagalan. Ingat, dunia usaha bukan hanya tentang bagaimana melakukan apa yang Anda percaya itu baik, tetapi juga membuat bisnis itu menjadi sukses. Kebutuhan pasar merupakan hal yang dinamis, sehingga perubahan merupakan suatu fenomena yang biasa terjadi. Pengusaha perlu menyambut semua saran untuk mengoptimasi atau mengkustomisasi peningkatan penawaran dan memenuhi kebutuhan klien dan pasar. Produk yang Anda kembangkan untuk diri Anda sendiri mungkin hanya sebagai hobi, tapi produk  yang diperuntukkan untuk pasar harus memenuhi kebutuhan pasar.

6. MANAJEMEN KEUANGAN

Dibutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungan di setiap jenis bidang usaha kewirausahaan. Sampai itu terjadi, modal yang ada harus digunakan dengan bijaksana. Pengusaha sukses menyadari kebutuhan untuk memanajemen keuangan dan merencanakan kebutuhan untuk sekarang dan masa depan. Bahkan setelah mengamankan pendanaan atau akan mulai beroperasi penuh, seorang pengusaha sukses terus mengontrol pengeluaran, karena itu adalah aspek yang paling penting dari setiap bisnis.

7. TIDAK TAKUT UNTUK MEMBUAT KESALAHAN DAN MENGHADAPI KEGAGALAN

Pada kenyataannya, mereka mengerti bahwa itu semua adalah bagian dari kehidupan. Mereka menggunakan setiap kegagalan dan setiap kesalahan yang mereka buat sebagai pengalaman untuk belajar. Anda akan kesulitan untuk menemukan jika ada pengusaha yang belum pernah membuat suatu kesalahan. Setiap pengusaha setidaknya pernah membuat kesalahan-kesalahan kecil maupun beberapa kesalahan besar dan akan gagal berkali-kali.
Tiap-tiap kejadian yang terjadi merupakan suatu pengalaman belajar bagi seorang pengusaha. Setiap kasus yang terjadi akan menjadi sarana untuk menjadi lebih baik.

8. KEMAMPUAN MEMBUAT JARINGAN

Bagaimana menurut anda untuk membuat suatu jaringan? Banyak orang melakukannya melalui teman, rekan-rekan dan tetangga yang mungkin hanya senang mengeluh dengan Anda tentang "perlambatan global," kemiskinan atau persaingan, tapi hal ini tidak menjawab masalah sebenarnya. Apa yang dilakukan oleh seorang pengusaha sukses yaitu mereka mencari mentor yang memiliki banyak pengalaman dan jaringan yang luas untuk mencari nasihat yang berharga.
Memiliki kemampuan membuat jaringan seeperti itu adalah karakteristik utama dari pengusaha sukses.

9. TAU APA YANG DIPERLUKAN UNTUK MENJADI SUKSES

Mereka menantang diri mereka untuk mempelajari lebih banyak dan melakukan lebih banyak. Mereka mengerti bahwa semua bisnis dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal, yang terdapat di luar kendali mereka atau di luar kemampuan mereka.
Mereka memahami keterbatasan ini, dan juga membangun kapasitas mereka sendiri sehingga mereka bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan, atau bekerja dengan orang-orang dengan berbagai keahlian dan pengalaman untuk mengatasi hambatan ini.

10. MEREKA ADALAH PEMIMPIN

Sederhananya pengusaha sukses adalah pemimpin alami dan memiliki banyak kualitas kepemimpinan. Mereka sangat baik dalam mengelola semua aspek kehidupan profesional dan kehidupan pribadi. Mereka memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang besar, dan tepat.
Mereka dapat memberikan bimbingan dan pendapat yang baik kepada orang lain. Mereka memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Mereka berorientasi pada orang lain dan bisa membuat sekelompok orang untuk bekerja untuk mencapai sasaran. Mereka dihormati oleh rekan-rekan mereka. Mereka dapat motivasi diri sendiri. Pengusaha sukses merupakan orang yang kompetitif.

Artikel referensi untuk anda:
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk rekan anda silahkan share artikel berikut di situs sosial media faforit anda.


EmoticonEmoticon